2020, Pandemi Jadi Kata Terpopuler

, , Leave a comment

BADAN Pengembangan dan Pembinaan Cara (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan (Kemendikbud), menetapkan pandemi jadi ‘kata tahun ini’ (KTI) 2020. Penetapan kata tersebut dilakukan bersandarkan beberapa pertimbangan.

“Kata pandemi merupakan kata yang langsung untuk dijadikan KTI 2020, indah dari segi popularitas, penggunaan, maupun distribusinya. Kata ini memiliki kemasyhuran yang relatif tinggi sepanjang tahun 2020 dengan distribusi penggunaan di bervariasi daerah, bidang ilmu, dan pemangku kepentingan yang luas, ” sahih Kepala Badan Bahasa, Endang Aminudin Aziz, dalam keterangannya, kemarin.

Kata ‘pandemi’, kata Endang, juga terpopuler di Google Trends . Pandemi pula didefi nisikan sebagai wabah yang berjangkit serempak di mana-mana, mengungkung daerah geografi yang luas dengan kelas kata nomina.

Di dalam 2020, KBBI mencatat 15 kata pendahuluan yang memiliki jumlah pencarian sempurna, yaitu mudik, memengaruhi, daring, kerja sama, risiko, praktik, analisis, orang tua, hoaks, aktivitas, pulang kampung, inspeksi, pandemi, izin, dan zaman.

Kandidat lain selain pandemi ialah daring. Namun, kata daring sudah terkenal dari 2019 dan invalid menggambarkan keadaan tahun ini, ” tambah Pelaksana tugas (Plt) Besar Pusat Pengembangan dan Pelindungan Bahasa dan Sastra, Dora Amalia.

Pada 2019, Badan Bahasa menetapkan kata ‘milenial’ sebagai kata terpopuler. Dora menambahkan, di masa pandemi ini, Badan Bahasa bekerja sepadan dengan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 telah meluncurkan buku Pedoman Transisi Perilaku dalam 77 Bahasa Kawasan pada 1 Desember 2020.

Penggunaan bahasa daerah di dalam buku itu diharapkan dapat merendahkan pemahaman dan penerapan pedoman perubahan perilaku yang berkaitan dengan protokol kesehatan 3M oleh masyarakat di setiap daerah. (RO/H-2)