Alex Asmasoebrata Sosok Berprinsip dan Berkarakter Kuat

, , Leave a comment

AWAL tahun 2021 dunia olahraga Indonesia menerima kabar duka akan kehilangan salah mulia sosok legenda balap Indonesia Alex Asmasoebrata yang meninggal Sabtu (2/1) dsekitar pukul 00. 10 WIB di Paviliun Kencana RSCM. Almarhum sempat menjalani perawatan selama beberapa hari akibat sakit. Alex sendiri dikenal sebagai pembalap serba bisa dan menekuni dunia balap Nusantara sepanjang hidupnya.

Vitalitas tersebut pun ia turunkan pada putrinya Alexandra Asmasoebrata yang kini menjadi pembalap wanita Indonesia sekali lalu sempat menjadi Ketua Women in Motorsport dalam kepengurusan Ikatan Mesin Indonesia (IMI).

Kementerian Pemuda dan Olahraga pun memahami dengan baik sosok almarhum dengan tetap membangun dunia balap Indonesia. Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Gatot Dewa Broto pula menyebut almarhum sebagai sosok dengan memiliki karakter dan prinsip dengan kuat dalam hidupnya. Gatot mengaku pernah memiliki interaksi yang intens dengan almarhum kala usai gelaran PON 2016 di Jawa Barat.

“Beliau di akhir 2016 bawa rombongan sejumlah pengurus cabor se-DKI untuk memperjuangkan persen dari Pemprov DKI, dan belakangan goal, ” kenang Gatot kepada mediaindonesia. com, Sabtu (2/1).

Gatot menerangkan sebetulnya era itu bonus yang dimaksud telah dianggarkan oleh Pemprov DKI. Tetapi karena adanya aturan di Kemenpora yang tidak boleh melebihi premi Sea Games, Pemprov hanya menyampaikan maksimal Rp200 juta untuk setiap emas. Hal tersebut bertentangan dengan janji Gubernur Ahok kala tersebut.

“Tetapi setelah kami kirim surat ke Pemprov DKI akhirnya hal tersebut diluluskan karena ternyata tidak melanggar peraturan, ” jelas Gatot.

Moment lainnya yang Gatot kenang ialah ketika dirinya berkonsultasi dengan almarhumah terkait menjelang pelaksanaan Asian Games. Gatot berkonsultasi terkait rencana renovasi pacuan kuda Pulo Mas yang ditentang almarhum. Namun pada keputusannya setelah Gatot menjelaskan duduk masalah dan maksud serta tujuan sejak renovasi tersebut, almarhum akhirnya menerima renovasi tersebut.

baca juga: Tokoh Balap dan Berkuda Nasional Alex Asmasoebrata Meninggal Dunia

Gatot pun menyampaikan rasa duka mendalam dari Kemenpora dan dirinya sebagai pribadi atas kepergian almarhum. Alex Asmasoebrata merupakan pembalap yang pernah menjadi juara nasional balap mobil. Selain itu almarhum juga memedulikan olahraga lainnya seperti tenis & berkuda. Bahkan almarhum juga sudah menjabat sebagai Ketua Harian Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PORDASI). (OL-3)