Banjir Landa Dua Kabupaten di Kalsel

, , Leave a comment

BANJIR melanda wilayah Kabupaten Balangan dan Hulu Sungai Tengah di Provinsi Kalimantan Selatan akibat tingginya curah hujan yang turun di
wilayah tersebut. BMKG Kalsel memprediksi hujan dengan kehebatan sedang dan tinggi masih akan melanda sebagian besar wilayah Kalsel dan berpotensi banjir.

Pantauan Media Indonesia, banjir menerjang dua kabupaten di Kalsel itu sejak Sabtu (31/10) menyusul tingginya curah hujan yang turun.

Kepala Badan Penanggulangan Bala Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan, Alive Yusfah Love, Minggu (1/11), mengatakan banjir melanda sejumlah daerah tanah rendah di 11 desa di dua kecamatan yaitu Tebing Agung dan Awayan.

Baca juga: Puting Beliung Rusak Puluhan Rumah di Bangka

Berdasarkan data BPBD Balangan, banjir dengan ketinggian rata-rata 1, 5 meter hingga 2 meter merendam 622 rumah di tujuh desa di Kecamatan Tebing Tinggi.

“Curah hujan yang tinggi membuat sungai-sungai meluap dan merendam permukiman penduduk, timah, dan fasilitas umum desa, ” tuturnya.

Adapun desa-desa di kaki Pegunungan Meratus yang terdampak banjir meliputi Desa Mayanau, Desa Gunung Batu, Desa Sungsum, Desa Juuh, Desa
Simpang Bumbu’an, Desa Simpang Nadung & Desa Tebing Tinggi. Total warga yang terdampak banjir mencapai 670 keluarga atau lebih 2. 000 jiwa.

Sementara banjir yang melanda empat desa pada Kecamatan Awayan meliputi Desa Putat Basiun, Desa Pasar Awayan, Kampung Badalungga dan Desa
Badalungga Hilir. Adapun jumlah warga yang terdampak banjir sebanyak 350 rumpun atau 1. 500 jiwa.

Banjir juga melanda provinsi Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Sungai-sungai besar seperti Sungai Barabai, Sungai Batang Alai, Sungai Marangsang, Sungai Masiraan dan Sungai Haruyan menemui kenaikan air muka hingga besar meter.

Bahkan beberapa obyek wisata di sekitar wilayah aliran sungai dilanda banjir serta merusak fasilitas obyek wisata setempat. (OL-1)