Disiplin Warga Kendor, Positif Covid-19 di Sumsel Naik 13 Persen

, , Leave a comment

KASUS konfirmasi positif Covid-19 pada provinsi Sumatra Selatan terus menyusun. Bahkan dalam periode dua minggu terakhir atau sejak 29 Juni hingga 13 Juli 2020 menjalani peningkatan sebesar 13 persen dibanding dua pekan sebelumnya.

Pakar Epidemiologi Sumsel, Iche Andriany Liberty mengatakan peningkatan kasus ini terjadi karena masyarakat sudah mulai lengah dalam menjalankan protokol kesehatan tubuh. Semestinya protokol kesehatan ini harus dilakukan di berbagai sektor supaya masyarakat tetap bisa produktif & tetap aman.

“Hal ini (peningkatan kasus) menjadi tolok ukur bagaimana kita bersama mendisiplinkan diri untuk menerapkan protokol kesehatan, cuci tangan rutin, pakai kedok di manapun dan kapanpun, celik jarak dan jaga imun, ” kata Iche, Rabu (15/7).

Daerah dengan kasus nyata Covid-19 yang tergolong tinggi sedang berasal Kota Palembang atau sejak seluruh kasus sekitar 67 upah berasal dari Palembang. Selain tersebut, memang ada pula peningkatan kasus positif dari Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali) dan Banyuasin.

“Memang Banyuasin hadir wilayah risiko tinggi, ” perkataan Iche. Selain kasus positif Covid-19, kasus kematian pun cenderung meningkat sehingga hal tersebut merupakan sebuah peringatan bagi masyarakat.

“Tentu menjadi warning masyarakat buat tingkatkan kewaspadaan kita bahwa era ini bukan kembali ke kehidupan normal namun mengadaptasi kebiasaan mutakhir yang lebih sehat dan bertambah patuh untuk melakukan perilaku hidup bersih dan sehat, ” nyata dia.

Iche menuturkan, pihaknya juga belum mendapat gambaran tingkat kepatuhan masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan. Saat ini pihaknya pun sedang dilakukan untuk inspeksi.

“Tapi karena reproductive number effective (Rt) kita bertambah dari 1, transmisi (penularan kasus) masih lebih dari satu itulah sebabnya masyarakat harus mendisiplinkan diri menerapkan protokol kesehatan. ” perkataan Iche.

Saat tersebut tercatat konfirmasi positif baru Covid-19 sebanyak 51 orang sehingga total kasus positif sebanyak 2. 754. Adapun rincian kasus positif tersebut yaitu Palembang 45 orang, Muara Enim 1 orang dan Banyuasin 5 orang. (OL-13)

Baca Juga: Ratusan Pedagang Hewan Kurban Tolak Pakai Masker & Rapid Test