Dua Prajurit Contohkan Amalan Pancasila

, , Leave a comment

MPR RI memberikan penghargaan sebagai bentuk apresiasi pada dua anggota TNI yang berdedikasi pada masyarakat di tengah pandemi covid-19.

Keduanya ialah Komandan Pos Pengamat TNI-AL di Larantuka Flores Timur, Serka Mes Mohammad Sangidun, dan seorang anggotanya, Kopda Bah Dameanus Luka Hera.

Keduanya diberikan penghargaan oleh MPR atas aksi mereka memberikan bantuan berupa sembako pada masyarakat nelayan di pesisir Larantuka. Serka Mes Mohammad Sangidun dan Kopda Bah Dameanus Luka Hera diketahui memberikan sembako dari dana THR pribadi dan menyalurkannya langsung pada para nelayan dengan menggunakan perahu.

Ketua MPR, Bambang Soesatyo, mengatakan yang dilakukan kedua prajurit TNI memberikan keteladanan di tengah masa sulit sekaligus mencerminkan esensi nilainilai kebangsaan yang kuat. Tidak sekadar kata, tapi juga mengamalkan langsung nilainilai Pancasila.

“Hal itu yang melandasi kami MPR untuk memberikan penghargaan dan kami harap akan diikuti oleh kesatuankesatuan lainnya,” ujar Bambang Soesatyo dalam jumpa pers di Gedung MPR, Jakarta, kemarin.

Bambang juga mengapresiasi panglima TNI dan kepala staf Angkatan Laut karena dianggap telah sukses membina anggotanya dengan maksimal. Tidak hanya sebagai prajurit yang siap membela negara, tetapi juga prajurit yang memiliki kepedulian penuh pada masyarakat.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan Serka Sangidun dan Kopda Dameanus hanya dua dari banyak anggota TNI lain yang melakukan hal serupa. Ia pun tidak segan memberikan apresiasi kepada mereka.

“Saya mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan pengabdian mereka dan saya harap bisa jadi contoh bagi prajurit lain. Setiap saya menerima laporan atas dedikasi prajurit saya selalu langsung kontak mereka, saya apresiasi kemudian saya berikan angin segar saya tanya pangkatmu apa, kapan naik pangkat, kapan tes sekolah, dengan motivasi, sehingga mereka tergerak untuk ciptakan inovasi-inovasi baru,” ujar Hadi. (Pro/P-2)