Festival Kreatif Virtual IDEAFEST 2020 ‘Restart’ Resmi Digelar

, , Leave a comment

SEMBILAN tahun kontrak dalam mendukung pertumbuhan industri ekonomi kreatif di Indonesia, tahun ini IDEAFEST kembali diselenggarakan secara maya mengusung tema “Restart”. IDEAFEST 2020 hadir dengan berbagai program mengungkung Talks & Conference, IdeaSpark Forum, Virtual Experience Expo, Music, dan F& B .

Bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), IDEAFEST digelar pada 5-15 November 2020, untuk mendukung pertumbuhan pabrik kreatif dan kewirausahaan dengan melibatkan tingkatan muda untuk mewujudkan perubahan nyata bagi Indonesia.

Covid-19 telah berdampak pada ekosistem ekonomi, sosial, lingkungan, dan juga kaya di Indonesia. Walaupun berbagai sikap kebijakan dan penyesuaian untuk kondisi normal baru telah dilakukan, namun tentu tidak dapat berlaku universal. IDEAFEST 2020 diselenggarakan dalam pola virtual, menghadirkan aspek-aspek pengalaman offline di platform online www.ideafest.id.

Tema Restart diangkat untuk mengajak asosiasi memulai dan kembali membangun ekonomi. Dimana berbagai sektor akan mempertimbangkan bagaimana mereka tidak hanya untuk bertahan di situasi pandemi, namun juga melihat 2020 sebagai jalan baru.

Ben Soebiakto, CEO, Samara Media & Entertainment menjelaskan, “Peran ekonomi kreatif betul penting dalam proses pembangunan. Satu diantara cara untuk dapat bertahan meninggalkan masa pandemi ini adalah dengan tetap produktif, kreatif, dan kreatif. Produktivitas ditengah pandemi ini mengutarakan banyak wirausaha ekonomi baru. ”

“Melalui kerja setara dengan Kemenparekraf, sebagai dukungan sejak pemerintah, untuk mendukung pengembangan 17 subsektor ekonomi kreatif, IDEAFEST menyimpan akses informasi dengan beragam konten dan program yang dapat menginspirasi masyarakat. Sehingga kegiatan ini dapat mendorong dan memberikan dampak ekonomi, termasuk keterlibatan generasi muda di dalam komunitas kreatif di Indonesia, ” papar Ben.

Harmoni IDEAFEST sebagai festival kreatif dalam Indonesia memandang bahwa industri kreatif & UMKM sebagai salah kepala cara untuk mendorong pembangunan yang transformatif. Mengusung tema ‘Restart’’, IDEAFEST 2020 juga berfokus terhadap perluasan generasi muda dan youth entrepreneurship.

Industri kaya Indonesia di berbagai sektor masa ini banyak diciptakan oleh tingkatan muda. Karena itu, IDEAFEST menyampaikan mereka wadah untuk mendapatkan informasi, mengembangkan keterampilan, dan menciptakan kolaborasi” ungkap Ben .

Mendukung pemberdayaan generasi muda, IDEAFEST 2020 menghadirkan program IdeaSpark Forum yang diselenggarakan pada 5-8 November 2020.

IdeaSpark Forum merupakan ruang bagi tingkatan muda untuk dapat mengemukakan bervariasi cara pandang mereka yang mencakup 4 topik pembahasan yaitu Kelompok & Politik, Kesehatan & Ketenteraman, Perubahan Iklim & Lingkungan, & Pendidikan.

Untuk lestari terhubung dan memenuhi aspirasi, IDEAFEST 2020 hadir dengan format terbaru, menawarkan konsep virtual yang istimewa dan interaktif. Menghadirkan topik serta profil kreatif yang terkurasi, indah dalam negeri maupun internasional.

IDEAFEST memberikan panggung virtual kepada figur kreatif untuk berbagi pengalaman, pengetahuan, dan ide-ide inspiratif. Tahun ini akan menampilkan bertambah dari 110 tokoh dan enam program yang relevan dengan tren industri kreatif saat ini. Sehingga IDEAFEST 2020 dapat menjadi referensi terkini bagi insan kreatif dan persekutuan lintas industri.

“2020 merupakan tahun penuh tantangan untuk semua orang. Namun, ini selalu memberikan kita kesempatan untuk restart dan menghidupkan kembali semangat menuju hari esok yang lebih molek, ” kata Ben.

“Semoga IDEAFEST 2020 dapat positif masyarakat dan komunitas dalam menyikapi lanskap pembangunan yang berubah secara cepat, menghadirkan solusi baru, serta menciptakan kemitraan sehingga industri ekonomi kreatif Indonesia dapat terus terbit di tengah masa sulit sekalipun” tutup Ben .

Pada 27 Oktober 2020, Virtual Press Conference IDEAFEST 2020 menghadirkan pembicara antara lain Nazier Ariffin (Head of Strategic Investments, Telkomsel), Fetty Kwartati (President Director of PT Sarinah), Bahari CK (Vice President & Creative Director GO-JEK), dan Lale, Ilman, dan Nino (Music Producers & Songwriters Laleilmanino).

IDEAFEST 2020 memper deretan figur inspiratif seperti Baim Wong, Raisa Andriana, Najla Bisyir, Tantri Namirah, Jonathan Sudharta, Elora Hardy, Keenan Pearce, Marissa Anita, Lizzie Parra, Yeri Afriyani, Fetty Kwartati, Alanda Kariza, Meiske Taurisia, Edwin, Bahari CK, Arki Prizanada, Lia Sunarjo, Daniel Surya, Salman Subakat, Dominique Diyose, Christine Laifa, Faye Simanjuntak, Ketut Saguna Narayana, Kevindra Soemantri, Garjita Arumsari, Nyonya Destira, Rachel Ajeng, David Karto, Kukuh Rizal Arfianto, Mahavira Wisnu, Rowland Asfales, Valencia Nathania, Benson Putra, Sendy Ariani, Dhika Himawan, dan masih banyak lagi.

Untuk mengakses seluruh konten IDEAFEST 2020, pengunjung dapat mengambil tiket dalam 2 kategori: Live (Rp 200 ribu), dan Live and Rewind (Rp 450 ribu) di mana pengunjung bisa menyaksikan kembali berbagai program dibanding IDEAFEST sampai dengan tanggal 31 Desember 2020.

Selain akses berbayar, beberapa program IDEAFEST 2020, seperti IdeaSpark Forum, kalender musik, experiential expo, F& B, dan beberapa sesi IdeaTalks mampu dinikmati secara gratis. IDEAFEST 2020 dapat disaksikan dengan cara mengunjungi www.ideafest.id atau melalui platform streaming Vidio. (RO/OL-09)