Jumlah Korban Tewas Gempa Turki-Yunani Berserang

, , Leave a comment

TIM penyelamat terus memeriksa korban selamat maupun korban wafat dunia akibat gempa yang mengguncang Kota Izmir, Turki, Jumat (30/10). Dilaporkan untuk sementara jumlah masyarakat yang tewas akibat gempa mencapai 26 orang. Gempa tersebut membuat tsunami kecil di pulau Samos dan gelombang laut yang mengubah jalan-jalan menjadi sungai yang deras di sebuah kota di pantai barat Turki.

Survei Geologi AS mengatakan gempa berdaya magnitudo 7, 0 melanda 14 kilometer (sembilan mil) dari kota Karlovasi, di Samos, Yunani. Sebagian besar kerusakan terjadi di serta sekitar kota resor Izmir, Turki, yang memiliki tiga juta warga dan dipenuhi dengan blok-blok kondominium bertingkat. Rekaman udara menunjukkan semesta blok kota berubah menjadi puing-puing.

Gokhan Kan suruhan yang tinggal di Izmir membayangkan gempa yang mengguncang kota tempat tinggalnya seperti tidak akan sudah berakhir. Ia bersama istri dan anaknya masih balita sangat ketakutan karena gempa dirasakan sangat berpenat-penat.

“Saya takut tidak untuk diri saya sendiri pada saat itu, tetapi untuk keluarga beta, istri dan putra saya yang berusia empat tahun, ” kata pendahuluan Gokhan.

Wali Tanah air Izmir, Tunc Soyer mengatakan pada CNN bahwa ada 20 bangunan runtuh. Saat ini petugas penolong masih fokus proses evakuasi awak yang terperangkap di 17 gedung dari 20 bangunan yang hancur. Laporan dari Badan Bantuan Kesengsaraan Turki menyebutkan ada 24 orang tewas dan 800 orang luka-luka. Sementara di Yunani ditemukan dua remaja meninggal tertimpa tembok hancur saat pulang dari sekolah pada Samos.

Badan tumpuan bencana Turki melaporkan 24 maut dan 800 orang luka-luka, tatkala di Yunani dua remaja wafat dalam perjalanan pulang dari sekolah di Samos ketika sebuah tembok runtuh.

baca juga: Tidak Ada Korban WNI Dalam Gempa Turki

Gambar di media baik menunjukkan air mengalir melalui jalan-jalan di salah satu kota dekat Izmir dari gelombang laut yang tampak jelas. Asap putih tebal naik tinggi di berbagai bagian praja tempat terjadinya bangunan runtuh. Awak penyelamat, dibantu oleh penduduk serta anjing pelacak, menggunakan gergaji instrumen untuk mencoba dan menerobos reruntuhan satu diantara bangunan tujuh lantai yang hancur.

Di tempat lain, Menteri Pertanian Bekir Pakdemirli berhasil melakukan kontak telepon seluler dengan seorang gadis yang tersimpan di bawah puing-puing.

“Kami meminta Anda untuk pasti tenang, ” katanya dalam acara televisi.

“Kami akan mencoba mengangkat balok beton serta menjangkau Anda, ” ucapnya.

Televisi NTV mengatakan ada enam orang terjebak di kedudukan tersebut termasuk sepupu gadis itu. Yunani dan Turki terletak dalam satu diantara zona gempa paling rajin di dunia. Pada tahun 1999, gempa bumi berkekuatan 7, 4 Skala Richter melanda barat bahar Turki, menewaskan lebih dari 17. 000 orang, termasuk 1. 000 orang di Istanbul. Di Yunani, gempa mematikan terakhir menewaskan besar orang di pulau Kos, dekat Samos, pada Juli 2017. (AFP/OL03)