Kalbe Farma Petakan Potensi Produk Obat Covid-19

, , Leave a comment

PT Kalbe Farma Tbk tengah memetakan potensi keluaran vaksin dan produk lain dengan berkaitan dengan covid-19. Saat itu, perusahaan mengelompokkan produk dan calon produk, untuk membantu penanganan covid-19 di Tanah Air.

“Dari dampak covid-19 kami memeriksa mengelompokkan apa yang bisa kita lakukan untuk menyiapkan produk terpaut segala macam jenis virus. Karena virus yang kita jaga sekarang adalah covid-19, ” ujar Direktur Utama Kalbe Farma, Vidjongtius, pada konferensi pers virtual, Senin (18/5).

Baca juga: Update Covid-19 per 18 Mei: 18. 010 Positif dan 4. 324 Sembuh

Berdasarkan pemetaan, perusahaan mendapat kurang calon produk. Mulai dari daya produk vaksin hingga obat herbal khas Indonesia. Pihaknya juga merancang upaya kolaborasi untuk Research and Development (RnD), berikut uji klinis dengan partisipasi konsorsium pemerintah.

“Kami pun masuk ke alat kesehatan. Seperti hand sanitizer, masker dan jenis alat kesehatan tubuh lain. Kita coba petakan. Karena ini menjadi suatu rencana kegiatan dalam jangka pendek maupun menengah, ” imbuh Vidjongtius.

Baca juga: Kandidat Vaksin Covid-19 dari Oxford Tunjukkan Kemajuan

Namun, perusahaan masih menghadapi masalah ketergantungan impor bahan patokan. Oleh karena itu, Kalbe Farma berupaya mempercepat proses dengan membuka diri untuk belajar. Termasuk, mengabulkan kolaborasi dengan berbagai pihak, seolah-olah akademisi, pemerintah dan industri.

“Karena sekarang kita sedang tergantung dengan impor. Nah itu yang kita siapkan. Untuk mempercepat ini, kita selalu membuka muncul untuk kolaborasi dengan berbagai bagian, ” pungkasnya. (OL-11)