Kemenpora Kaji Pelaksanaan Liga satu dengan Penonton Terbatas

, , Leave a comment

MENTERI Pemuda & Olahraga Zainudin Amali mengungkapkan dirinya mendapatkan instruksi sebab Presiden Joko Widodo buat melakukan kajian penonton pertandingan sepak bola dengan daya tertentu.

“Beliau melihat adanya aspirasi buat penonton ke stadion & meminta saya untuk melangsungkan kajian. Saya akan studi betul hal ini, bila hasil kajiannya tidak visible tentu akan saya sampaikan, dan ini tentu hendak melibatkan berbagai komponen, ” kata Zainduin dalam fakta persnya, Rabu (14/4)

Ia menuturkan Presiden hanya menampung wacana & aspirasi dari berbagai bagian terkait kembalinya penonton ke stadion, meski dalam kapasitas terbatas. Namun Zainduin menetapkan situasinya tidak mudah karena ada banyak hal dengan harus dipertimbangkan.

“Berapa persen penontonnya, kemudian bagaimana pelaksanaannya dan siapa saja penontonnya, ada penuh item pertanyaan yang kudu dipertanyakan. Namun bila musabaqah tanpa penonton kita sudah punya pelaksanaannya di turnamen Pramusim Piala Menpora. Oleh karena itu bila melibatkan penonton tentu perlu kajian mendalam, ” ujar Zainudin.

Nantinya, Kemenpora akan melaporkan bisa atau tidaknya hal tersebut dijalankan. Kajian itu pun akan menjadi satu diantara bahan dalam rapat koordinasi antara Kemenpora dan stakeholder termasuk PSSI dan PT LIB untuk mendapatkan rekomendasi Kemenpora untuk pengajuan izin ke Kepolisian.

Baca juga: Mencurangi Persebaya 3-2, Persib Ke Semifinal Piala Menpora 2021

Zainudin juga menyampaikan salah utama hal yang juga bakal menjadi pertimbangan dalam pemberian rekomendasi ada atau tidaknya penonton bergantung kepada kecepatan pemberian vaksinasi serta peristiwa covid-19. Jangan sampai dengan adanya rekomendasi tersebut malah meningkatkan kembali kasus covid-19.

“Nantinya buatan kajiannya tentu akan diumumkan saat pemberian izin dibanding Kapolri apakah akan ada penonton atau tidak untuk pelaksanaan Liga 1 serta 2. Kita tidak mau gegabah, kita akan mengabulkan kajian agar hasil uraian itu benar menjadi pokok untuk izin dari kepolisian, ” ungkap Zainudin.

Sebelumnya, wacana buat mengembalikan penonton ke stadion dalam jumlah terbatas dasar sudah disampaikan oleh Gajah Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy usai menonton langsung sekaligus meninjau aturan kesehatan laga perempat final Piala Menpora 2021 antara Persija Jakarta dan Barito Putera di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (10/4).

Saat itu Muhadjir mengutarakan tidak menutup kemungkinan bahan memberikan izin adanya penonton dengan jumlah terbatas pada event selanjutnya yakni Perserikatan 1 dan 2 2021.

“Kami mengapresiasi penerapan protokol kesehatan pada turnamen Piala Menpora 2021 ini. Saya meminta PSSI melakukan kajian dan lalu dituangkan dalam bentuk rencana agar Liga 1 serta 2 nanti pertandingan bisa dihadiri penonton sekitar 20% hingga 30% dari kapasitas stadion, ” kata Muhadjir ketika itu. (OL-5)