Kesetiakawanan Modal Utama Lawan Covid-19

, , Leave a comment

DIREKTUR Jenderal Pemberdayaan Sosial Departemen Sosial RI Edi Suharto mengutarakan kesetiakawanan sosial menjadi modal sari untuk bangkit bersamasama melawan pandemi covid-19.

“Dengan HKSN, kita ingin kembali mengingatkan pengerjaan covid-19 tidak bisa sendiri, menetapkan gotong royong, saling bahu-membahu jadi seluruh elemen masyarakat bisa silih membantu, ” kata Edi Suharto pada konferensi pers Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2020 dalam Jakarta, kemarin.

Teratas HKSN 2020 akan dilangsungkan di dalam 19 Desember di Manado Provinsi Sulawesi Utara secara daring dan luring. Presiden Joko Widodo disebut mau memberikan pidato pada peringatan HKSN. “Presiden akan memberikan pidato melalui tapping, sampai saat ini kita masih menunggu konfi rmasi dibanding Setneg, ” tambah Edi.

Tema HKSN tahun ini ialah Kesetiakawanan sosial melawan covid-19 sebagai upaya membuka kesadaran bersama bahwa pembangunan nasional masih sangat sensitif terhadap guncangan. Hal tersebut menjelma krisis dan merugikan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kepala Umum HKSN 2020 M Alfatih Timur mengatakan karena kondisi pandemi, kegiatan yang dilakukan banyak pokok pada kegiatan daring dalam wujud kampanye sosial di media. “Konten kampanye antara lain sosok-sosok inspiratif yang berjibaku di lapangan dalam penanganan masalah sosial seperti Jalin Taruna dan Tenaga Kesejahteraan Baik Kecamatan (TKSK), ” terang Alfatih.

Rangkaian kegiatan HKSN yang lain di antaranya pembagian bantuan sembako, rehabilitasi rumah tak layak huni, bantuan permodalan KUBE, penyaluran alat bantu disabilitas, bagian perlengkapan sekolah, peralatan ibadah, proses katarak, khitanan massal, dan klasifikasi masker serta hand sanitizer. (Ant/H-3)