Libur Tahun Baru Imlek, Klaten Gelar Random Swab Antigen

, , Leave a comment

MASYARAKAT luar daerah yang masuk provinsi Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, melaksanakan pemeriksaan selektif selama libur Tarikh Baru Imlek 2021. Pemeriksaan tersebut mulai dilakukan, Kamis (11/2), dalam perbatasan Jawa Tengah-DI Yogyakarta tepatnya di depan Taman Wisata Candi Prambanan.

Kapolres Klaten AKB Edy Suranta Sitepu melalaikan Kasatlantas AK Bobby Anugrah Rachman mengatakan, pemeriksaan selektif masyarakat dengan masuk wilayah Kabupaten Klaten merupakan untuk antisipasi pencegahan dan pengoperasian terjadinya lonjakan kasus covid-19 semasa libur empat hari, 11-14 Februari 2021.

Teknis penyeliaan di Prambanan dilakukan dengan pembatasan secara selektif. Prioritas pemeriksaan, yaitu para pengendara atau wisatawan dibanding luar daerah yang akan mengambil wilayah Kabupaten Klaten. Di tempat ini, petugas Dinas Kesehatan Klaten melakukan swab antigen secara random dan gratis.

Patuh Bobby, wisatawan yang di-swab antigen dengan hasil nonreaktif langsung diperbolehkan memasuki wilayah Kabupaten Klaten. Namun yang hasilnya reaktif diminta putar balik dan diarahkan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut di Rumah Melempem Bhayangkara Kalasan, DI Yogyakarta.

“Kami dari jajaran Polres Klaten bersama Kodim, Dinas Pertalian, Satpol PP, dan Dinas Kesehatan tubuh melaksanakan tes swab antigen secara random kepada masyarakat dan wisatawan yang akan masuk wilayah Kabupaten Klaten. Kegiatan ini dilakukan semasa liburan Tahun Baru Imlek 2021, ” kata Bobby.

Pada hari pertama pelaksanaan penjagaan selektif masyarakat luar daerah dan wisatawan yang akan masuk daerah Kabupaten Klaten, sebanyak 52 orang yang dilakukan swab antigen oleh petugas gabungan Dinas Kesehatan. Serta, hasilnya semua nonreaktif, sehingga mereka diperbolehkan masuk Klaten.

baca juga: TNI AL Bagikan Ribuan Masker Untuk Perkumpulan Salat

Kasatlantas Polres Klaten menambahkan, selain penjagaan selektif bagi masyarakat luar kawasan dan wisatawan, petugas gabungan juga membagikan masker kepada para pilot yang akan memasuki wilayah Kabupaten Klaten. Hal ini sesuai arahan pemerintah terkait PPKM berbasis mikro. (OL-3)