Maklumat Zonasea Hubungkan Pemilik Kapal Secara Pemilik Muatan

, , Leave a comment

KAPAL adalah salah satu moda transportasi yang paling penting di Indonesia, terutama sebagai negara kepulauan dengan bertambah dari 200 juta penduduknya dengan tersebar di ribuan pulau.

Berdasarkan data pada 2005, Indonesia memiliki saluran air terpanjang urutan ketujuh di dunia, secara panjang 21. 579 kilometer urat air yang dapat dilayari. Dengan kondisi geografis seperti itulah, kapal menjadi alat pengangkut terbaik saat ini.

Namun, pabrik pelayaran juga ikut terimbas pandemi Covid-19 dan mengakibatkan aktivitas dari para pengusaha untuk bertemu secara tepat ataupun dalam memperkenalkan kapalnya pada pelanggan semakin terbatas.

Hal itu mendorong Roland Permana memajukan platform Zonasea. Platform itu merupakan marketplace yang dapat menghubungkan pemilik pesawat dengan pemilik muatan, yang biasanya berfokus pada angkutan curah, break bulk, angkutan cair, dan pikulan kimia melalui digital atau dengan online.

“Kami berharap dengan adanya Zonasea, perusahaan kapal tidak hanya fokus melayani hanya satu komoditas saja namun pula pada komoditas yang lain. Misalnya, pemilik kapal tanker tidak harus fokus pada market minyak sawit saja tapi juga bisa fokus pada market lainnya, seperti market transportasi BBM ketika bisnis patra sawit sedang lesu. ” perkataan Roland dalam keterangan tertulisnya,

Selain itu, keuntungan lainnya yaitu pemilik kapal juga mampu mengisi kekosongan untuk perjalanan pulangnya sehingga dari pihak pemilik kargo bisa mendapatkan biaya pengangkutan dengan lebih murah daripada biasanya.

Banyaknya mediator yang tertangkap sering melakukan penipuan dan menyerahkan informasi yang tidak jelas kepada penawaran kapal ataupun kargo yang ternyata fiktif, adalah salah kepala dari tujuan utama dibentuknya maklumat Zonasea.

Tim dibanding Zonasea akan melakukan verifikasi menyeluruh terhadap perusahaan-perusahaan tersebut pada zaman pendaftaran, agar seluruh anggota dengan bergabung dapat merasa aman pada bertransaksi meski tanpa tatap depan terutama selama pandemi masih berlangsung.

“Lebih dari 100 kapal telah resmi bergabung pada platform ini, dalam periode hanya 3 bulan saja. Saya memiliki keyakinan yang kuat kalau Zonasea dapat mengambil peran yang signifikan dalam membantu mencapai lupa satu visi Indonesia sebagai gandar maritim dunia” pungkas Roland. (RO/OL-7)