Menggubris, Tiket Kereta untuk Libur Nataru Sudah Bisa Dipesan

, , Leave a comment

PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah membuka pemesanan tiket Kereta Suluh (KA) Jarak Jauh untuk kurun liburan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Umum sudah dapat memesan tiket kereta api melalui aplikasi KAI Access, situs resmi kai. id, serta kanal penjualan resmi lainnya.

“Pemesanan tiket sudah awak buka bagi masyarakat yang bermaksud bepergian pada periode libur Natal dan Tahun Baru. Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, ” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangan formal, Selasa (24/11).

Baca juga: Bantah Rentan kena Covid-19, KAI Sebut KA Aman dari Covid-19

Adapun tiket dengan dijual mencakup KA Taksaka perhubungan Yogyakarta-Gambir, KA Gajayana relasi Malang-Gambir pp, KA Senja Utama Solo relasi Solo Balapan-Pasar Senen, SOPAN SANTUN Argo Parahyangan Bandung-Gambir, serta SOPAN SANTUN Mutiara Selatan Surabaya Gubeng-Bandung pp.

Menurut Joni, pada libur long weekend akhir Oktober lalu, perjalanan KA terselenggara secara aman, lancar dan terkendali, had tiba di stasiun tujuan.

Pada masa pandemi covid-19, KAI berkomitmen menjual tiket SOPAN SANTUN Jarak Jauh dan Lokal hanya 70% dari kapasitas. Tujuannya, supaya penumpang dapat menerapkan jaga senggang sesuai surat edaran dari Departemen Perhubungan.

Selain tersebut, penumpang KA Jarak Jauh diwajibkan dalam kondisi sehat, suhu badan tidak lebih dari 37, 3 derajat Celsius dan diimbau menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket.

Penumpang juga diharuskan menunjukkan Surat Bebas Covid-19 (Tes PCR/Rapid Test) yang berlaku 14 hari sejak diterbitkan. Bisa selalu menunjukkan surat keterangan bebas isyarat influenza, yang dikeluarkan dokter vila sakit atau puskesmas bagi kawasan yang tidak memiliki fasilitas ulangan PCR dan rapid test.

Baca juga: Tahun Ini, Ada 198 Kecelakaan Akibat Terobos Palang Pintu Kereta

KAI menyediakan layanan rapid test seharga Rp85. 000 di 31 tumpuan. Rinciannya, Gambir, Pasar Senen, Bandung, Kiaracondong, Cirebon, Cirebon Prujakan, Semarang Tawang, Tegal, Purwokerto, Kroya, Kutoarjo, Yogyakarta dan Solo Balapan.

Kemudian, Madiun, Blitar, Kediri, Kertosono, Jombang, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, Malang, Sidoarjo, Mojokerto, Jember, Ketapang, Kertapati, Prabumulih, Muara Enim, Lahat, Tebing Tinggi, dan Ceruk Linggau.

Sejak dibuka pada 27 Juli, jumlah pelanggan yang menggunakan layanan rapid test sudah mencapai 337. 851 orang. (OL-11)