New Normal: Pemprov Babel Uji Coba Aktifkan Sekolah Lagi

, , Leave a comment

KEGIATAN Belajar Mengajar (KBM) sejumlah SMA/SMK/MA di Provinsi Bangka Belitung (Babel) akan dimulai besok, Selasa (2/6). Percobaan KBM ini untuk melakukan kebijakan pemerintah memulai tatanan anyar atau New Normal khususnya pada bidang pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Babel, M. Soleh mengatakan sudah memutuskan kebijaksanaan sesuai dengan Surat Edaran Kemendikbud nomor 15 tahun 2020 tentang pedoman dan kebijakan Gubernur Babel

“Besok kita tes coba dulu. Surat edarannya telah kita sampaikan ke masing-masing kawasan, dan cabang dinas juga harus membentuk satgas Covid-19 yang bekerja memantau serta melaporkan ke biro pendidikan, ” kata Soleh. Senin (1/6).

Untuk KBM ini, sekolah harus menerapkan sebati dengan protokol kesehatan Covid-19, misalnya, menggunakan masker, mengatur jarak mengiringi siswa, menyiapkan tempat cuci tangan dan sabun, mengukur suhu tubuh, serta kegiatan yang menerapkan kepribadian hidup sehat.

“Satu kabupaten dan kota satu sekolah yang memulai kegiatan belajar membentuk, itupun harus sesuai dengan aturan kesehatan Covid-19. Semua akan dikasih jarak 1 hingga 1, 5 meter antar siswa, satu meja satu siswa. Jika biasanya satu kelas berjumlah 36 siswa untuk saat ini setengahnya saja. Pengasuh dan siswa juga harus diketahui suhu tubuhnya, yang sakit diminta untuk tidak masuk dulu. Lalu pakai masker, ” ungkapnya.

Setelah ujicoba ini, sebutan Solehm secara keseluruhan nanti bakal diberlakukan kegiatan belajar mengajar seperti biasa, yang direncanakan pada 13 Juli mendatang serta skenario KBM siswa dan guru ini.

“Nanti kita atur skenario yang jelasnya, sekolah akan kembali dibuka pada 13 Juli mendatang, apa itu secara bergiliran yaitu ada sebagaian yang masuk & ada sebagain yang KBM-nya online, ” tuturnya.

Berdasarkan hasil keputusan, sekolah yang di dalam tahap pertama ini dibuka balik SMA 1 Belinyu, Kabupaten Uzur, SMK 1 Kelapa Bangka Barat, SMAN 2 Koba, Bangka Sedang, SMAN 1 Toboali Bangka Selatan, SMKN 1 Tanjungpandang, Belitung dan SMAN 1 Membalong, Belitung Timur.

“Untuk SMAN 3 Pangkalpinang, karena zona merah kita tunda dulu, awalnya (2/6) sudah mulai KBM, begitu juga secara SMA 1 Pemali Bangka, kita alihkan ke SMA 1 Belinyu, ” ujarnya. (OL-13)

Baca Juga: Pemkab Terapkan New Normal, Uskup Tetap Kebaktian Live…