Survei: Kurang dari Separuh Warga Prancis Mau Divaksin

, , Leave a comment

HANYA 4 dari 10 warga Prancis dengan mau mendapatkan suntikan vaksin covid-19. Hal itu terungkap dalam survei yang dirilis pada Selasa (29/12) seiring kekhawatiran dengan lambatnya aksi vaksinasi covid-19 di negara tersebut.

Menurut jajak teori yang digelar Ipsos Global Advisor bekerja sama dengan World Economic Forum, hanya 40% warga Prancis yang mau divaksinasi covid-19.

Hal itu membuat Prancis berada di belakang Rusia yang 43% warganya mau divaksinasi dan Afrika Selatan (53%). Sementara di Tiongkok, angka warga yang suka divaksinasi mencapai 80% dan Inggris (77%).

Mengucapkan juga: Overdosis Vaksin Covid-19, Petugas Kesehatan Jerman Dirawat

Takut akan buntut samping menjadi alasan terbanyak warga Prancis menolak mendapatkan vaksin covid-19.

Di Amerika Serikat (AS), tempat kampanye massal vaksinasi covid-19, sebanyak 69% warga kini mau divaksinasi, naik dari sebelumnya pada Oktober lalu.

Prancis memulai kampanye vaksinasi covid-19 pada Minggu (27/12) bersama secara mayoritas negara Eropa lainnya, secara target pertama adalah penghuni tempat jompo.

Namun, kurang dari 100 orang mendapatkan suntikan vaksinasi di Prancis di tiga hari pertama, jauh lebih perlahan-lahan ketimbang di Jerman, atau kendati AS dan Inggris.

Menangkal kritik di media baik, seorang pejabat kementerian kesehatan Prancis mengatakan, “Kita tidak sedang lomba lari 100 meter melainkan maraton. ”

“Kami memelopori dengan sangat berhati-hati namun akan segera meningkatkan kecepatan dan melayani vaksinasi dalam skala besar, ” imbuhnya. (AFP/OL-1)