Tae-Yong Terbuka dengan Naturalisasi: Harus Turunan Indonesia

, , Leave a comment

PELATIH tim nasional Indonesia Shin Tae-yong mengaku hanya mencari pemain berdarah atau rumpun Indonesia yang berkarir di sungguh negeri. Ia membantah mencari pemain berdarah Brasil untuk dinaturalisasi.

Sebelumnya, muncul wacana PSSI ingin menaturalisasi pemain berdarah Brasil. Lima pemain muda asal Negeri brazil telah memperkuat tiga klub Gabungan 1, yakni Henrique Bartoli serta Hugo Guilherme mengikuti latihan beriringan Arema FC.

Awut-awutan, Thiago Apolina Pereira serta Maike Henrique Irine De Lima dengan mengikuti latihan di Persija. Lalu, Madura United juga mendatangkan striker muda asal Brasil Robert Hijau Rodrigues Santos. Namun, PSSI sudah membantah kabar tersebut dan menyebut, pemain Brasil itu murni keinginan klub Liga 1.

Baca juga: Timnas U-19 TC ke Kroasia Akhir Agustus

“Mencari pemeran naturalisasi yang ada darah Indonesia, untuk perkembangan sepak bola Nusantara memang perlu dan dibutuhkan pemain-pemain tersebut. Sedang mencari. Untuk itu (darah Brasil) tidak ada sama sekali, ” kata Shin Tae-yong ketika ditemui di Stadion Madya, Jakarta, Kamis (20/8).

Ia mengatakan saat ini percaya dengan skuad yang diisi pemain lokal dan dua pemain keturunan, yakni Elkan Baggott dan Jack Brown. Namun, tak menutup kemungkinan dirinya memanggil pemain berdarah Indonesia asing selama timnas U-19 menjalani pemfokusan latihan di Kroasia akhir Agustus.

“Saya mencari hampir di tiap posisi, striker, gelandang juga ada. Pemain sekarang tersebut punya potensi, tapi kita tetap pantau sambil TC di asing negeri, ” kata Shin Tae-yong. (OL-7)