Tenaga Kerja Tiongkok di Batam Nyata Covid-19

, , Leave a comment

SEORANG tenaga kerja asing (TKA) asal Tiongkok dipastikan positif virus korona atau covid-19.

“Laki-laki, TKA kongsi di Kawasan Kabil, beralamat di mes perusahaan merupakan kasus baru covid-19 nomor 204 Kota Batam, ” kata Ketua Gugus Suruhan Percepatan Penanganan covid-19 Kota Batam, Kepulauan Riau, Muhammad Rudi, Sabtu (20/6).

Menyuarakan juga: Restoran dalam Labuan Bajo Bagi Makanan Gratis selama Sebulan

TKA itu adalah pekerja di kilang plastik di Kawasan Industri Kabil dan sudah tinggal di kedudukan tersebut sejak awal Februari 2020.

Rudi menyatakan, warga RRT itu mengeluh demam dan batuk lalu berobat di sendi sakit swasta di Kecamatan Batam Kota. “Dari hasil pemeriksaan, harus dilakukan perawatan. Namun menolak serta meminta pengobatan rawat jalan sekadar, ” kata Rudi.

Baca juga: Plt Wali Kota Ungkap Asas Medan belum Bisa Terapkan New Normal

Tim medis mengedukasinya untuk isolasi mandiri. Di dalam 15 Juni 2020, TKA tersebut menjalani swab test secara mandiri yang hasilnya positif.

Rudi menjelaskan, TKA itu mengiakan lebih sering tinggal dalam tangsi perusahaan selama bekerja di Kota Batam dan jarang pergi ke tempat lain.

Baca juga: Itu Rekonstruksi Pembunuhan Penjaga Pos Covid-19 di Rote Ndao

Kondisi yang bersangkutan relatif stabil dan tidak merasakan gangguan kesehatan tubuh dan saat ini sudah di perawatan isolasi/karantina di RSKI covid-19 Galang.

Hingga Sabtu (20/6), tercatat 208 warga meyakinkan covid-19 di Batam, yang terdiri dari warga negara asing, awak daerah lain, dan penduduk Batam. Sebanyak 124 orang di antaranya sembuh, 12 meninggal dan dengan lain masih dalam perawatan dalam sejumlah rumah sakit rujukan. (X-15)