UE Akan Mulai Vaksinasi Covid-19 dalam 27 Desember

, , Leave a comment

PRESIDEN Bayaran Eropa Ursula von der Leyen, pada Kamis, mengatakan, UE bakal memulai inokulasi covid-19 pada 27 Desember.

“Ini ketika Eropa. Pada 27, 28 dan 29 Desember vaksinasi akan dimulai di seluruh UE, ” cuitnya.

Juru bicaranya Eric Mamer mengatakan kepada wartawan bahwa peluncuran itu tergantung pada European Medicines Agency yang mengotorisasi penggunaan vaksin Pfizer/BioNTech saat bertemu di dalam Senin.

Inggris dan Amerika Serikat sudah menginokulasi masyarakatnya dengan vaksin itu di bawah otorisasi darurat nasional.

UE sedang melaksanakan program vaksinasi terkoordinasi di 27 negara anggotanya untuk memastikan akses yang betul ke vaksin.

Baca juga: Arab Saudi Mulai Vaksinasi Warga dengan Vaksin Pfizer

Komisi Eropa telah menandatangani kontrak dengan tujuh pemasok vaksin potensial untuk menetapkan semua warga negara dewasa pada UE pada akhirnya dapat diinokulasi.

Negara-negara anggota bakal memutuskan siapa yang mendapat pengutamaan untuk suntikan, tetapi lansia & petugas kesehatan yang merawat anak obat covid-19 akan berada di antrean depan.

Vaksin dengan dikembangkan oleh raksasa AS Pfizer dan perusahaan Jerman BioNTech telah terbukti 95 persen efektif pada uji coba global di mana dua dosis disuntikkan dengan langkah tiga minggu.

Pada Eropa, vaksin itu diproduksi di fasilitas Pfizer di Belgia serta dikirim dengan truk dan udara. Vaksin tersebut harus disimpan di dalam suhu -70 derajat Celcius agar tetap layak, tetapi dapat diangkut dalam waktu singkat pada guru 2-8 derajat Celcius. (AFP/OL-7)