Ugal-ugalan Mudik ke Banyumas, Siap-siap Menghunjam GOR Satria

, , Leave a comment

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Banyumas, Jawa Tengah menyiapkan GOR Satria, Purwokerto, yang mempunyai daya tampung 800 orang, sebagai tempat karantina massal. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi adanya aliran pemudik yang balik ke Banyumas.

“Kapasitasnya dapat mencapai 800 orang. Hanya saja, yang menjadi masalah adalah minimnya medium MCK. Untuk tidur nantinya, mampu menggunakan velbed. Tinggal dibersihkan & diberi karpet plastik, ” sahih Wakil Bupati Sadewo Tri Lastiono, Kamis (23/4)

Dia mengaku telah melakukan kontak secara kepolisian dan TNI untuk meminjam velbed atau tempat tidur lipat yang dapat difungsikan untuk wadah tidur sementara.

“Sebetulnya pemudik kan sudah dilarang untuk balik kampung, namun kalau masih ada yang tetap pulang nyata tidak mungkin mengusir. Mereka yang tetap nekat pulang harus menyelap ke karantina di GOR Satria. Ya harapannya memang mereka tak mudik, ” ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyumas Sadiyanto mengatakan bahwa sejauh ini pemkab telah memiliki tempat karantina di Baturraden. “Sedangkan di GOR Satria sudah mulai disiapkan. Jadi, kalau ada yang masih tekak untuk mudik, maka akan didatangi dan didata menjadi orang dalam pemantauan (ODP) dan langsung dikarantina, ” katanya. (R-1)