Vaksin Covid-19 Tiba, Protokol Kesehatan harus Terus Berjalan

, , Leave a comment

DATANGNYA 1, 2 juta dosis vaksin Covid-19 Sinovac mencuatkan harapan Indonesia buat bisa segera keluar dari perkara pandemi Covid-19. Namun, Presiden Joko Widodo meminta seluruh masyarakat tentu mematuhi protokol kesehatan covid-19.

“Meski vaksin sudah tersedia kita tetap harus disiplin melayani protokol kesehatan, ” kata Jokowi dalam video yang diunggah Youtube Sekretariat Presiden, Minggu (6/12)

Jokowi tidak ingin asosiasi mengendurkan protokol kesehatan. Memakai kedok, menjaga jarak, dan mencuci lengah dengan sabun harus tetap dilakukan secara ketat. “Ini harus langsung kita lakukan, ” tegas Presiden.

Jokowi juga berpesan terkait program vaksinasi covid-19 oleh pemerintah. m Dia mengajak asosiasi mengikuti pengumuman dan petunjuk lebih lanjut dari petugas yang menyiapkan vaksinasi. Karena tidak memungkinan untuk dilakukan vaksinasi secara serempak untuk semua penduduk, tutur Jokowi.

Sebanyak 1, 2 juta dosis vaksin covid-19 Sinovac muncul di Indonesia. Vaksin itu dikenal sebagai harapan baru penanganan virus berbahaya di Tanah Air “Saya ingin menyampaikan kabar baik bahwa hari ini pemerintah sudah menyambut 1, 2 juta dosis vaksin covid-19, ” kata Jokowi.

Dalam video Sekretariat Kepala terpisah, terdapat pesawat yang mendatangkan vaksin covid-19 dan mendarat sekira pukul 21. 25 WIB dalam Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. Vaksin itu dibawa oleh maskapai Garuda Indonesia dengan jenis Boeing 777-300ER.

Jokowi mengutarakan vaksin itu telah diuji secara klinis di Bandung, Jawa Barat sejak Agustus 2020. Pemerintah masih mengupayakan 1, 8 juta dosis vaksin yang bakal tiba dalam Januari 2021.

Meski begitu, vaksinasi belum bisa dimulai. Sebab, masih ada serangkaian tahapan yang perlu dilakukan Badan Pengelola Obat dan Makanan (BPOM). (medcom/R-1)