Vaksinasi Covid-19 di Banyumas Libatkan 59 Faskes

, , Leave a comment

KASUS Covid-19 di Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) zaman ini mencapai 5. 070 kejadian. Dari jumlah tersebut, 4. 381 diantaranya sembuh dan 231 penderita meninggal dunia.

“Saat sekarang sebetulnya relatif terkendali. Masa ini Banyumas masuk zona oranye dan tingkat reproduksi efektif (Rt) sudah di bawah 1 yaitu 0, 79. Sementara untuk level kesembuhan mencapai 85, 5%, ” jelas Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyumas, Sadiyanto, Rabu (6/1).

Sadiyanto menambahkan saat tersebut pihaknya telah menyiapkan infrastruktur buat vaksinasi. Ada rumah sakit dan puskesmas yang nantinya akan melayani vaksinasi.

“Yang menyesatkan awal divaksin adalah tenaga kesehatan tubuh (nakes) yang langsung menangani pasien. Sebagai tahap awal, Banyumas memiliki jatah 3. 656 dosis. Nantinya pelayanan akan dimulai pada 14 Januari, ” ujarnya.

Vaksinasi di Banyumas, lanjutnya, mau melibatkan 59 fasilitas kesehatan (faskes) baik RS maupun Puskesmas. Rinciannnya adalah 40 Puskesmas dan 16 RS serta 3 klinik preman.

Sadiyanto mengatakan walaupun nantinya sudah vaksinasi, tetapi bukan berarti masyarakat langsung bebas. Dia menegaskan warga harus tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat yaitu dengan 3 M, mengenakan kedok, mencuci tangan dan menjaga jangka.

“Di sisi asing, pemerintah juga terus melaksanakan 3 T yaitu test, tracing, dan treatment. Jadi, ketiganya jalan, vaksinasi, prokes dengan 3 M dan tetap menjalankan 3 T, ” kata dia. (R-1)